5 Langkah dalam Mengirim Pesan ke Recruiter via LinkedIn


Siapa yang sedang melamar pekerjaan ke sana kemari? Rasanya, mungkin sangat sulit, ya, untuk mendapatkan perusahaan impian. Pasalnya, kita sudah apply lamaran sana sini, tetapi tidak kunjung dipanggil juga oleh recruiter. Hal ini tentu terkadang membuat kita putus asa dalam mencari pekerjaan. Akan tetapi, kamu tidak boleh patah semangat begitu saja. Kamu bisa melakukan berbagai macam pendekatan lainnya untuk mendapatkan pekerjaan, termasuk mengirim pesan ke HR via LinkedIn.

Pendekatan untuk rekrutmen yang satu ini bisa kamu praktikkan dengan penuh etika. Seperti yang kita ketahui, LinkedIn merupakan media sosial profesional yang bisa dimanfaatkan untuk berkenalan dengan HR perusahaan.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengirim pesan ke HR via LinkedIn, sebaiknya pahami tips-tips di bawah ini!

1. Jangan pakai kata minta maaf

Sebisa mungkin, hindari kata minta maaf saat hendak mengirimkan pesan ke HR. Pasalnya, kamu tidak melakukan kesalahan apapun. Jadi, hindari kalimat seperti ini, “Halo selamat siang, minta maaf mau tanya”.

Hal tersebut justru akan membuat HR kebingungan.

2. Paparkan alasan dengan jelas

Setelah itu, kamu juga perlu menuliskan maksud dan tujuan kamu dengan jelas saat  mengirimkan pesan ke HR. Kira-kira apa maksudmu? Mau tanya perihal lowongan atau persyaratan dari lowongan yang sudah disebar?

Dengan begitu, HR jadi mudah mengerti dan otomatis akan membalas pesanmu.

3. Ajukan satu pertanyaan saja

Dalam mengirim pesan ke HR, sebisa mungkin kamu ajukan satu pertanyaan saja supaya HR tidak kebingungan dalam menjawabnya. Di sisi lain, mereka juga pasti sibuk sehingga tidak sempat membalas beribu pertanyaan yang kamu ajukan.

4. Tulis kalimat sendiri

Jangan sesekali menyalin tulisan dari orang lain saat mengirim pesan ke HR. Hal tersebut tentu melanggar etika. Sebisa mungkin, buat  kalimatmu sendiri, ya!

5. Cari koneksi terlebih dahulu

Supaya semakin yakin dalam mengirim pesan ke HR, kamu bisa cari koneksi terlebih dahulu dari perusahaan yang bersangkutan. Apakah di situ ada temanmu atau tidak? Jika tidak ada, mungkin kamu bisa berkenalan dulu dengan karyawannya.

Itu dia tips mengirim pesan ke HR via LinkedIn. Tips recruiter bahasa Inggris juga sama. Pastikan kalimat yang kamu kirim tidak copy paste dan menggunakan susunan kalimat yang rapi.

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah dalam Mengirim Pesan ke Recruiter via LinkedIn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel