9 Sayur Pantangan Bagi Penderita Asam Urat | AWAS KAMBUH!

Sayur Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Sayur Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Sebaiknya berhati-hati bagi anda yang sedang mendera penyakit asam urat, harap perhatikan asupan Sayur Pantangan Bagi Penderita Asam Urat berikut. Hal ini dimaksudkan semata mata agar mempermudah saat kebingungan dalam memilih mana menu yang baik.

Asam urat memang bukan keluhan atau penyakit, melainkan senyawa alami yang diperlukan guna membangun inti sel tubuh manusia. Hanya saja kadar yang diproses sedikit, kemudian sisanya dibuang lewat ginjal sekitar 70% dan usus 30%.

Kondisi normal dapat berubah dimana kadar asam urat terlampau tinggi, organ ekskresipun tidak sanggup mengeluarkan limbah tersebut bersama urin sehingga menumpuklah pada persendian dengan membentuk kristal. Setelah peradangan baru gejala seperti rasa nyeri susah tertahan dan tidak nyaman timbul menghampiri seseorang seiring waktu.

Sayur Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Source: CNN

Sebenarnya terdapat berbagai penyebab mengapa asam urat menjadi berlebihan tanpa diduga mulai dari kegemukan, riwayat kesehatan lain, obat-obatan kimia, terpapar timbal, usia semakin lanjut, hingga genetik alias keturunan. Tetapi tahukah anda bahwa sumber makanan mengandung purin ternyata faktor kunci dibalik semua kekhawatiran.

Jangan menyepelekan asam urat meski kenaikannya terbilang ringan. Pasalnya jika dibiarkan / lamban untuk diatasi, maka berakibat risiko komplikasi berbahaya yaitu lumpuh permanen bahkan mengancam nyawa.

Beberapa Sayuran Yang Harus Dibatasi Maupun Dilarang Melibatkan:

  • Jamur sebanyak 100 gram mempunyai purin mencapai angka 50 gram.
  • Kembang kol selain ada zat gas yang mempengaruhi perut begah, juga tersisip tiap 100 gramnya 51 gram purin.
  • Bayam, siapa sangka simbol tokoh kartun terkenal “Popeye” ini salah satu makanan berpurin tinggi sekitar 57 gram
  • Asparagus populer sebagai hidangan sup biasa disajikan masih hangat, sama tidak dianjurkan karena purinnya 23 gram.
  • Kacang merah, navy, melinjo, serta polong 3,5 ons menyimpan antara 5-50 gram purin.
  • Kangkung
  • Daun singkong
  • Kacang panjang lumrah di kalangan masyarakat mengingat sering dibuat sayur bening, lalapan (mentah) setara 80 mg purinnya.
  • Buncis bagus seratnya, sayang berpurin besar 78 mg.

Mencegah kembali berulang serangan asam urat, bijak mengatur pola makan tidak boleh sembarangan sambil membiasakan gaya hidup tetap kondusif melalui olahraga. Kita mungkin hampir mustahil menjauhkan purin secara penuh, namun setidaknya menekan jumlah yang dikonsumsi tentu efektif.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *